Welcome Guys..

Mau buka usaha design grafis,tapi modal sedikit?

01.50 Selda-Design 0 Comments


Haii calon-calon pengembang technopreneur.. kali ini saya akan membahas lebih mendalam tentang "Design Grafis" dan hubungannya dengan bisnis. Selamat membaca ^^

"Good Design is Good Businness"


 
Kebanyakan orang hanya bisa menyebutkan saja namun tidak mengerti apa arti dari "Design Grafis". Jadi apa itu design grafis?
Seni dalam komunikasi yang berhubungan dengan gambar, tulisan serta ruang, itulah desain grafis.
Ya, dijaman serba modern dan digital ini dunia desain grafis semakin berkembang pesat. Bahkan banyak bermunculan anak-anak muda yang menjadi seniman digital dan karya-karyanya memiliki nilai jual.
Desain Grafis merupakan salah satu lahan bisnis yang tumbuh pesat dan berkembang sejak tahun 80-an dengan perkembangan dunia publikasi, advertising dan visual, desain grafis menjadi salah satu bidang bisnis yang mampu menciptakan wirausaha-wirausahawan sukses terbanyak di Indonesia dan membuka peluang usaha bagi sekitar 100.000 s/d 500,000 tenaga kerja di Indonesia. Bahkan saat ini diperkirakan lebih banyak lagi. Mengingat usaha ini telah merambah jauh sampai ke seluruh wilayah Nusantara.

Desainer merupakan profesi yang cukup menjanjikan di masa depan. Mengingat bahwa akan banyak sekali permintaan untuk mendesain suatu produk di masa yang akan datang. Namun, menjadi desainer bukanlah hal yang gampang, selain keahlian dalam mengunakan software-software yang mendukung dalam dunia desainer, seorang desainer juga harus mempunyai tingkat kreatifitas yang tinggi. Karena dari kreatifitaslah sesuatu yang
indah dan unik tercipta. Jika Anda memang berminat pada bidang ini, ada banyak cara untuk belajar mulai dari masuk dalam perkualiahan jurusan Komunikasi Visual maupun kursus-kursus software desain grafis populer seperti Corel Draw maupun Adobe Photoshop. Dijamin, keahlian mengoperasikan software desain grafis akan sangat bermanfaat dan tentunya yang paling penting adalah mendatangkan keuntungan.
Secara umum seorang desain grafis professional bisa mengeluti bidang jasa fotografi, jasa pembuatan logo, gambar, branding,poster, desain t-shirt sampai pada bidang percetakan yang memang sangat erat hubungannya dengan desain grafis.
Jika sudah begitu, banyak desainer grafis muda yang mulai pesimis karena keterbatasan modal mulai dari pembelian mesin cetak sampai sewa ruko yang kini harganya sudah melambung tinggi. Adakah cara lain? Pastinya ada dan sangat mudah, yakni berbisnis desain grafis secara online

Bagaimana caranya, simak ulasan selengkapnya dibawah ini:

1. Website adalah Hal Penting

Buatlah sebuah halaman website yang berisi tentang jasa Anda sebagai seorang desainer grafis. Alangkah baiknya website dengan domain milik sendiri agar lebih bonafit, namun menggunakan blog gratisan juga tidak buruk selama tampilan tidak “norak”. Dalam website inilah Anda bisa menulis berbagai jasa-jasa yang ditawarkan serta hasil desain grafis yang Anda buat atau biasa disebut portopolio.

2. Tawarkan Jasa yang Bisa Dikerjakan Secara Online

Menawarkan jasa-jasa desain grafis yang bisa dikerjakan secara online, diantaranya seperti jasa pembuatan logo,poster, jasa pembuatan desain gambar kaos (t-shirt), Banner Adsc, pembuatan banner website, pembuatan background,pembuatan illustrasi, pembuatan grafis vektor dan sebagainya. Bahkan jika memungkinkan Anda bisa menawarkan jasa percetakan mulai dari brosur, banner, foto, kaos dan lain-lain. Jika Anda tidak memiliki mesin cetak, Anda bisa mencari tempat percetakan yang harganya termasuk dalam kategori "mudah" namun kualitas tetap terjamin.

3.Manfaatkan e-mail

Jasa desain grafis online memang harus memaksimalkan fasilitas e-mail. Ya, ketika order mulai datang Anda bisa menyelesaikan dan mengirimkan hasil karya kepada konsumen. Pengiriman gambar menggunakan akun sosial media memang bisa dilakukan, namun sepertinya sangat terbatas ekstensi filenya.

Jadi hanya ekstensi tertentu seperti JPEG saja yang dapat di kirim, selain itu resolusi gambar juga berpotensi mengecil. Sedangkan e-mail lebih baik karena dapat mengirim dengan berbagai ekstensi gambar dan ukuran foto stabil tidak akan berubah. Fleksibel e-mail dalam menerima ekstensi gambar sangat penting karena mungkin saja konsumen menginginkan file dengan format mentah seperti CDR, PSD,PDF, AI dan sebagianya.

4. Seperti Jual Beli Online

Pada dasarnya bisnis desain grafis online hampir sama dengan jual beli online biasa. Bedanya pengiriman karya hasil desain bisa langsung cepat terkirim menggunakan e-mail, dan biaya pembayaran dilakukan dengan rekening maupun metode pembayaran lainnya. Terkecuali konsumen Anda meminta jasa desain grafis plus ditambah dengan cetak seperti banner, brosur dan sejenisnya, bisa memanfaatkan jasa pengiriman barang. Namun, jika Anda sudah merasa mampu untuk membuka bisnis offline. Kembangkanlah bisnis desain grafis offline; Jangan hanya terpaku pada bisnis online saja karena bisnis offline juga bisa menguntungkan. Selain itu berbisnis desain grafis offline juga memungkin Anda dapat menambah banyak relasi baru.

5. Siapkan Kartu Kredit
Jika Anda membuka bisnis online tentunya sangat dibutuhkan transportasi pengantar uang seperti kartu kredit. Maka dari itu Anda harus mempersiapkan kartu kredit sebagai sarana pembayaran.


Jadi ,mau buka usaha design grafis,tapi modal sedikit?
TIDAK USAH KHAWATIR..

Teks ini telah disunting melalui refrensi dari : 
http://tulisbaca.com/tips-berbisnis-desain-grafis-secara-online/

You Might Also Like

0 komentar: